Berkenalan Dengan Berbagai Komponen yang Ada Di Dalam Mesin Diesel

f:id:inspirasi:20210610112328j:plain

Mesin diesel merupakan sebuah mesin pemicu yang biasanya digunakan untuk kapal selam, lokomotif, truk, mobil, seperti mobil keluaran Daihatsu, dan lain sebagainya. Kekuatan yang dimiliki oleh mesin motor bakar diesel ini tentu tak luput dari komponen yang dimiliki mesin ini. Berbicara mengenai komponen mesin motor bakar diesel, dari setiap komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda loh. Nah, jika Anda belum mengetahui apa saja sih komponen yang dimiliki mesin diesel ini, mari Anda simak ulasan berikut ini.

Mengenal Komponen-Komponen Mesin Diesel

Komponen Mesin diesel merupakan sebuah mesin pemicu yang biasanya digunakan untuk kapal selam, lokomotif, truk, mobil, seperti mobil keluaran Daihatsu, dan lain sebagainya yang pertama yaitu fuel tank atau bisa disebut juga sebagai tangki bahan bakar. Fuel tank ini berfungsi sebagai wadah untuk meletakkan bahan bakar.Komponen yang kedua yaitu feed pump atau bisa disebut juga sebagai pompa penyalur. Seperti pompa pada umumnya, feed pump ini digunakan untuk mengalirkan bahan bakar dengan cara memompa bahan bakar ke pompa injeksi. Di dalam feed pump ini juga dipasang komponen lain yaitu priming pump yang mana berfungsi sebagai alat untuk mengeluarkan angin. kemudian ada juga fuel filter yang berfungsi sebagai penyaring kotoran yang ada ada bahan bakar serta injection pump yang berfungsi sebagai penambah desakan agar bahan bakar menjadi mudah dikabulkan menjadi nozzle.

Baca juga : Yuk Berkenalan Dengan Fuel Filter dan Injection Pump Sebagai Komponen Mesin Diesel

Komponen Lain yang juga tidak kalah penting yaitu pengabut atau bisa juga disebut dengan Nozzle. Nozzle ini berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar yang digunakan mesin diesel agar bahan bakar tersebut mudah untuk bercampur dengan oksigen dan sekaligus akan memudahkan pembakaran dalam silinder. Komponen selanjutnya yaitu pipa desakan tinggi.yang berbahan baja. Pipa ini berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar bertekanan tinggi dari injection pump menuju ke masing-masing nozzle. Ada juga battery.Komponen mesin diesel yang satu ini memiliki fungsi krusial. Hal ini dikarenakan battery atau biasanya disebut dengan nama aku ini berfungsi sebagai sumber daya listrik dari mesin motor bakar diesel yang nantinya akan mensuplai daya yang dibutuhkan oleh busi pijar.Selain itu, ada juga kunci kontak yang digunakan sebagai saklar utama pada sistem kelistrikan kendaraan yang berfungsi untuk memutus-nyambungkan daya listrik.