Cara Memilih Mikrofon Yang Cocok Untuk Sound System

f:id:inspirasi:20201205124139j:plain

Bagaimana kita memilih mikrofon yang tepat untuk sound system kita? Dalam hal memilih mikrofon, ada sejumlah faktor yang berperan saat memutuskan mikrofon mana yang tepat untuk sound system kita. Faktor-faktor tersebut dijelaskan di bawah ini.

Apa sumber suara kita?

Pertama dan terpenting, instrumen / sumber suara apa yang paling sering kita gunakan untuk miking? Jika kita sering memakai mikrofon ke gedung konser, mikrofon kondensor yang bagus sudah siap. Untuk sumber suara yang lebih keras seperti gitar, bass, dan drum, maka mikrofon dinamis berkualitas tinggi adalah solusinya. Keindahan dari dynamic mics adalah banyak di antaranya adalah workhorses multiguna yang dapat terdengar bagus di berbagai sumber suara, selama kita meluangkan waktu untuk mendengarkan dan memposisikannya dengan benar. Penting juga saat memilih mikrofon untuk memastikan bahwa mikrofon berhasil menangani volume bahan sumber tanpa distorsi.

Mikrofon apa yang kita miliki saat ini?

Kita tidak perlu kehabisan dan membeli semua mikrofon baru. Lihat apa yang kita miliki dalam koleksi sound system kita saat ini dan cari tahu cara terbaik untuk menggunakannya. Mikrofon dinamis, seperti SM57, dapat digunakan untuk sebagian besar kebutuhan instrumen dan bahkan untuk vokal. Ambil apa yang kita miliki dan tambahkan mikrofon secara strategis sesuai kebutuhan kita.

Apakah penampil memiliki preferensi?

Banyak penyanyi, terutama penyanyi, akan memiliki preferensi mikrofon. Sementara banyak yang akan memilih mikrofon dinamis standar, seperti Shure SM58, yang lain akan meminta mikrofon kondensor genggam untuk menangkap suara mereka.

Berapa anggaran kita?

Mikrofon memiliki banyak titik harga yang berbeda, dan jumlah serta kualitas mikrofon sangat ditentukan oleh anggaran kita. Untungnya, banyak bahan mikrofon di dunia live sound yang relatif murah dan sangat tahan lama, memberikan hasil yang bagus.

Berkabel atau Nirkabel?

Pilihan lain yang perlu dibuat adalah apakah akan menggunakan mikrofon berkabel atau nirkabel. Masing-masing jenis mikrofon ini memiliki keuntungannya sendiri. 

Paket mikrofon untuk sound system bisa menghemat banyak percobaan dan kesalahan saat kita mengumpulkan perlengkapan untuk studio rumah atau pertunjukan langsung. Beberapa bundel mikrofon menyediakan aksesori yang kita butuhkan untuk mendapatkan hasil terbaik dengan mikrofon. Paket semacam itu dapat mencakup hal-hal seperti dudukan kejut, filter pop, atau dudukan mikrofon.