Teknologi Terkini dan Pengaruhnya Terhadap Umur Aki Mobil

Sebagai komponen yang menentukan kinerja mesin kendaraan, aki pun memiliki batasan umur. Umur aki secara umum dipengaruhi oleh cara pemakaian dan kondisi mobil yang bersangkutan. Usia rata-rata aki mobil adalah antara 1 hingga 1,5 tahun. Namun, dengan teknologi terkini yang dilengkapi berbagai perangkat yang konsumsi listriknya besar, umur aki bisa semakin singkat. Lokasi penempatan aki juga bisa mempengaruhi umur aki dalam beberapa waktu ke depan. Misalnya, aki pada mobil di masa sekarang yang lokasi penempatannya semakin kompak umurnya akan berbeda dengan aki mobil jaman dulu yang ruang mesinnya tidak sepadat mobil sekarang. Hal ini karena semakin kompak dan padat lokasi penempatan aki, maka akan semakin cepat panas pula suatu mesin kendaraan.

 

Baca Juga : Tips Memilih Aki Mobil

f:id:inspirasi:20191228003139j:plain

Cara Memperpanjang Umur Aki
Meskipun mobil jaman sekarang yang dilengkapi berbagai perangkat yang mengonsumsi banyak listrik digadang-gadang dapat memperpendek usia aki mobil, namun ada beberapa cara untuk memperpanjang umur aki. Hal ini mungkin di dilakukan karena pada dasarnya cara pemakaian bisa berpengaruh terhadap umur aki. Cara memperpanjang umur aki bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti tidak menyalakan radio dan AC saat mesin mobil mati. Menyalakan AC serta radio saat mesin dalam keadaan mati bisa berdampak pada cepat soaknya aki karena energi pada aki bisa terkuras habis lebih cepat. Selain itu, menjaga kebersihan aki juga bisa memperpanjang umur aki karena kotoran dan noda yang menumpuk pada terminal aki bisa menyebabkan usia aki semakin pendek. Melakukan servis mesin secara berkala juga penting dilakukan untuk memperpanjang umur aki. Ini karena mesin yang kondisinya buruk bisa memperburuk kondisi aki karena akan menguras lebih banyak energi aki.

 

Memiliki mobil dengan mesin yang baik akan menyelamatkan aki mobil dari umur yang pendek. Karena itulah sikap selektif dalam memilih mobil sangat penting. Pilihlah mobil yang mesinnya berkualitas seperti Daihatsu. Dengan mesin yang baik dan berkualitas, umur aki bisa bertahan hingga usia rata-rata pemakaian bahkan lebih panjang.