Harga Gitar Semakin Lama Semakin Mahal. Apa Yang Mempengaruhinya?

f:id:inspirasi:20201120111328j:plain

Sekarang ini banyak orang yang berbicara mengenai tonewood saat berada di forum khusus gitar. Bagi pecinta gitar hal yang membuat suatu gitar itu indah selain suaranya adalah penampilannya. Penampilan gitar yang terbuat dari kayu biasanya akan bernilai lebih tinggi daripada gitar lainnya. serat kayu kadang menghadirkan bentuk unik terutama untuk jenis kayu tertentu. Sayangnya saat ini gitar dengan tone wood sudah termasuk langka. Padahal itu adalah jenis gitar yang disukai banyak orang. Ada beberapa aturan yang mengatur bagaimana kayu jenis rosewood dipakai untuk instrumen. Selain aturan yang ketat, para pecinta lingkungan juga turut serta menyuarakan keberlangsungan fauna di bumi yang menyebabkan pihak berwenang semakin ketat dalam mengawasi sumber daya alamnya. Itulah mengapa rosewood jadi langka dan membuat harga gitar semakin melambung.

Para produsen gitar sendiri juga tidak bisa berbuat banyak mengenai hal ini. Bahkan produsen sekelas Gibson pernah tertangkap mengimpor kayu eboni di tahun 2009 dan 2011 dari Madagaskar. Di Amerika sendiri produk yang materialnya terbuat dari tanaman agar mengimpornya dengan legal. Ini membuat harga kayu meroket. Semakin langkanya tonewood untuk bahan baku gitar membuat produsen semakin bingung. Tonewood hanya bisa dipanen lagi sekitar 80-100 tahun lagi dan ini membuat produsen harus mencari alternative kayu lain untuk bahan baku gitar. Tetapi jenis kayu lain pun ternyata juga mulai langka. Satu lembar papan tone wood harganya bisa mencapai Rp 800 ribu rupiah. Tapi papan tonewood untuk bahan baku gitar dijual dua kali lipat dari harga itu. apabila ditambah biaya produksi dan ini itu maka sudah pasti harga gitar juga menjadi jauh lebih tinggi.

Pemakaian tonewood yang dibatasi membuat produsen putar akal untuk tetap berproduksi. Mereka beralih ke kayu lain yang lebih murah misalnya kayu wenge atau pau ferro. Dengan memakai kayu jenis lain maka produksi gitar akan tetap berjalan dan harga gitar juga tidak akan menjadi terlalu mahal saat dipasarkan. Karena kejadian-kejadian diataslah harga gitar yang memakai tone wood semakin lama semakin mahal. Nah jika kamu sudah punya gitar lebih baik jaga agar tetap awet karena membeli gitar sekarang kamu masih perlu mengeluarkan uang banyak.