Mengenal Head Unit Pada Audio Mobil

Sistem audio mobil telah banyak berubah dalam beberapa tahun belakangan. Sistem yang modern biasanya akan turut terkoneksi dalam piranti audio device terkoneksi. Beberapa kendaraan juga dilengkapi speaker serta head unit standar. Peranan audio dalam mobil telah jadi kebutuhan, bukan sekadar pelengkap audio standar. Namun, sebenarnya hanya ada tiga komponen dasar yang ada di dalamnya. Pertama adalah head unit yang memberi sinyal audio, amplifier yang meningkatkan daya serta speaker sebagai penghasil suara. Semua komponen ini akan sangat bergantung satu sama lain dalam memberikan kualitas suara secara menyeluruh. Berikut adalah penjelasan khusus mengenai head unit.

f:id:inspirasi:20190526230915j:plain

Teknologi Head Unit Pada Sistem Audio Mobil

Teknologi head unit pada audio mobil stereo yang masih digunakan hingga kini ialah CD/DVD player. Kebanyakan orang akan menyebut perangkat ini tape mobil ataupun stereo. Sebagian besar komponennya belum termasuk tuner radio, sementara stereo sendiri sudah ada sejak 1960 an. Fungsi utama dari head unit yang umum ialah menyediakan aneka jenis sinyal audio. Selain menjadi pusat kontrol dari sistem audio, fungsi lain head unit ialah sebagai pemutar DVD video. Head unit biasanya akan dapat memainkan DVD maupun disk Blu-ray. Beberapa di antaranya juga turut dilengkapi layar LCD built-in. Head unit bisa memberi sinyal audio ke speaker serta terhubung ke layar monitor LCD.

Head unit yang modern seperti pada mobil Daihatsu akan turut diintegrasikan dalam sistem infotainment. Head unit juga dilengkapi layar LCD besar yang menampilkan data navigasi, kontrol iklim serta aneka fungsi lainnya. Fitur utama dalam head unit audio mobil di antaranya adalah MP3, Bluetooth serta CD/DVD player. Sudah banyak head unit yang mendukung plug MP3 player sehingga pengguna bisa dengan mudah mengakses musik tanpa harus membawa CD. Ada juga beberapa model yang dilengkapi plug-in kartu SD dengan isi musik maupun film. Pengguna dapat dengan mudah menelusuri banyak lagu yang tampil di layar monitor. Akses menu dapat dilakukan dengan mudah menggunakan layar sentuh maupun remote control.