Cara Belajar Vokal Otodidak Bagi Pemula

Dunia musik memang selalu menarik untuk dipelajari. Tak hanya karena menjadi salah satu nilai lebih dari dari dalam diri, musik juga dapat mendatangkan rejeki bagi mereka yang menekuninya. Musik tak hanya melulu tentang belajar bermain alat musik atau sejenisnya, akan tetapi juga dunia tarik suara. Di dalam bermusik, satu hal yang penting adalah vokal. Vokal yang indah dan enak didengar akan membuat siapa saja betah untuk mendengarnya bernyanyi. Belajar vokal memang bukan sesuatu yang gampang untuk dilakukan, tetapi bukan berarti tidak dapat dipelajari. Semua tergantung pada niat masing-masing individu.

Belajar vokal dapat diawali dengan belajar teknik-teknik dasar secara individu dengan langkah otodidak. Namun dapat pula dilakukan dengan kursus di sebuah musik studio misalnya Yamaha Musik Indonesia. Mengetahui teknik vokal menjadi penting karena ketika sedang bernyanyi tentunya seseorang harus paham tinggi dan rendahnya nada agar tercipta keselarasan antara suara dan nada. Sebelum melakukan teknik-teknik dasar vokal, seseorang harus lebih dulu menguasai teknik pernafasan. Belajar pernafaasan dengan baik merupakan kunci awal terciptanya harmonisasi dan keselarasan suara dengan alat musik sehingga musik menjadi sebuah lagu yang baik dan enak untuk diperdengarkan. Bagi seseorang yang ingin belajar dan melatih vokal secara otodidak, maka berikut ini beberapa cara yang bisa dipraktikkan.

f:id:inspirasi:20191205141608j:plain

Empat Cara Belajar Vokal Otodidak

  1. Belajar pengucapan kata yang baik dan benar. Memulai dengan belajar pengucapan katan yang mudah dibaca kemudian dilanjutkan dengan kata-kata yang rumit. Belajar pengucapan ini dapat dilakukan dengan kecepatan rendah, sedang hingga tinggi.
  2. Melatih kekuatan suara. Belajar melatih kekuatan suara berhubungan dengan belajar teknik pernafasan. Kekuatan suara merupakan kekuatan yang berasal dari suara yang jelas dan jernih, bukan suara yang dari teriakan yang keras.
  3. Belajar teknik pernafasan merupakan salah satu hal utama ketika berlatih vokal. Biasanya dalam bernyanyi seseorang membutuhkan pernafasan perut dan diafragma untuk mengolah nada yang panjang dan tinggi.

Pemanasan menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum belajar vokal. Hal ini bertujuan agar tubuh lebih rileks dan lentur.