Alat Musik Tradisional Kamboja

f:id:inspirasi:20200817050631j:plain

Kekaisaran Khmer yang kuat yang tidak kalah dengan Kekaisaran Cina kuno sudah ada sejak lama di Kamboja sebagai era paling makmur di negara ini. Bahkan memperpanjang perbatasan Thailand, Laos, dan Vietnam. Akibatnya, ada beragam alat musik tradisional Kamboja di mana banyak dari mereka masih dipertahankan dan dikembangkan sampai sekarang. Ikuti tur Kamboja bersama kami dan temukan spesialisasi Alat Musik Kamboja.

Sekilas tentang Alat Musik Kamboja

Selain pemandangan terkenal, festival, makan, minum, dan alat musik tradisional juga merupakan salah satu faktor penting yang membuat keragaman dan daya tarik budaya Kamboja. Alat musik tradisional Kamboja digunakan dalam upacara dan acara musik tradisional dan klasik Kamboja. Mereka terdiri dari berbagai macam alat musik tiup, senar, dan perkusi, yang digunakan baik oleh mayoritas Khmer maupun etnis minoritas bangsa. Menurut ahli musik Jerman Ingo Stoevesandt, tergantung pada sifat dari setiap acara atau festival, orang akan menggunakan berbagai alat musik dari kelompok etnis yang berbeda. Dia menunjukkan bahwa sifat-sifat ini sebagian besar terkait dengan agama, fungsi sosial dan hal yang khas tentang instrumen musik rakyat Kamboja adalah bahwa mereka jarang dimainkan solo, tetapi mereka sering digunakan dalam kombinasi.

Alat Musik Tradisional Kamboja, paket wisata lokal Cambodia

Anda dapat mendengar dan melihat banyak instrumen tradisional Kamboja melalui media tetapi apakah Anda pernah menyentuh atau bahkan memainkannya? Tur Kamboja akan membawa peluang sempurna bagi Anda untuk melakukan semua kegiatan itu. Jika Anda adalah pengunjung ke Kamboja, Anda dapat berubah dari kejutan ke kejutan ketika Anda menyadari bahwa Anda adalah seorang instrumentalis Kamboja yang sesungguhnya. Atau jika Anda seorang musisi yang ingin menjelajahi instrumen di Kamboja maka Anda tidak akan kecewa karena minat instrumen etnis di sini. Ada banyak jenis alat musik Kamboja lainnya untuk mengalami seperti Takhe, Chapei Dang Veng, Kse Diev,dll. 

Alat Musik Tradisional Kamboja Populer

Takhe mungkin menjadi alat musik paling populer di Kamboja. A Takhe disangga oleh tiga hingga lima kaki. Saat tampil, pemain duduk di sampingnya, tangan kiri berlari ke atas dan ke bawah senar sementara yang lain memetik senar dengan plectrum.  ia terlihat seperti buaya. Selain itu, fret juga mirip dengan gigi buaya. Sebelumnya, orang-orang Kamboja sering mengukir gambar buaya pada instrumen tetapi hari ini, hal ini jarang terjadi.