Oleh-oleh Khas Jakarta yang Bikin Lidah Bergoyang

f:id:inspirasi:20190917232414j:plainBerkunjung ke Jakarta rasanya tidak pas apabila tidak membeli oleh-oleh khas Jakarta. Meski memang cukup banyak yang bingung atau mengeluh sulit untuk menemukan oleh-oleh khas di Jakarta, ada banyak oleh-oleh yang bisa dipilih saat berkunjung ke Jakarta. Salah satu oleh-oleh khas asli Betawi yang masih mudah Anda temukan di Jakarta adalah kembang goyang. Apa itu kembang goyang? Sebagian dari Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kudapan renyah yang satu ini, karena memang keberadaannya masih cukup diketahui banyak masyarakat dibandingkan dengan makanan khas Betawi lainnya yang sudah mulai sulit ditemukan atau bisa dikatakan mengalami kelangkaan. Kembang Goyang belum termasuk makanan khas Jakarta yang dikategorikan sebagai makanan langka.

Menikmati Renyahnya Kembang Goyang Khas Jakarta

Tak banyak yang menyangkal, bahwa kembang goyang memang selalu berhasil menggoyangkan lidah para penikmat oleh-oleh khas Jakarta. Teksturnya yang renyah dan bercita rasa gurih membuatnya begitu nyaman dinikmati, sehingga sulit berhenti kalau sudah mengunyah kudapan khas Jakarta yang satu ini. Kembang goyang terbuat dari tepung beras atau tepung ketan yang dicetak menggunakan cetakan khusus dan digoreng sebentar, sehingga membuatnya bisa memiliki kerenyahan yang sempurna. Penamaan kembang goyang sendiri berasal dari bentuknya yang memang seperti kelopak bunga yang terlihat begitu indah dengan warna khas tepung digoreng, cokelat muda.

Baca juga : Geplak, Oleh-oleh Khas Jakarta yang Mulai Langka

Kembang goyang biasanya dijual dengan beberapa varian rasa yang bisa dipilih oleh para penikmatnya, yaitu ada rasa pandan, frambos, dan wijen. Selain memiliki cita rasa yang enak, harga kembang goyang sangat ringan di kantong. Kue ini biasanya dijual per kilogram dan dibanderol dengan harga sekitar Rp. 20 ribu sampai Rp. 30 ribu per kilogramnya. Oleh-oleh khas Jakarta ini bisa Anda temui sambil jalan-jalan menggunakan Daihatsu New Terios Di beberapa tempat khusus oleh-oleh Jakarta, seperti di Betawi Store  Monas, Pasar Seni Ancol, Setu Babakan, dan beberapa lokasi lainnya. Jangan sampai ketinggalan untuk menjadikan kembang goyang gayung kembali sebagai oleh-oleh khas asli Betawi.