Do’a Perjalanan ; Do’a Akan Berangkat atau Keluar dari Rumah

Adapun do’a perjalanan yang paling awal kita hafalkan adalah do’a akan berangkat atau keluar dari rumah. Do’a ini sangat sederhana dengan arti yang sangat bermakna. Manfaatnya sangat luar biasa untuk melindungi kita saat perjalanan. 

f:id:inspirasi:20190922154109j:plain

Berikut adalah doa saat akan melakukan perjalanan dengan baru keluar dari rumah :

 

 

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

 

Dilafalkan : “Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”.

 

Sejak belajar di TPA atau Taman Pembacaan Al Qur’an kita sudah menghafalkan do’a ini.  karena sudah ditanamkan sejak kecil, kita pasti akan melafalkannya saat sudah keluar dari rumah. Biasanya baru sampai teras dan akan naik kendaraan, kita melafalkan do’a ini. 

 

Kebiasaan kita selama ini dalam melafalkan salah satu do’a perjalanan tersebut adalah hal yang sudah baik. Sudah sesuai dengan anjuran hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud. Di mana bagi kita yang mau membaca do’a tersebut sesaat setelah keluar dari rumah maka akan mendapatkan perlindungan dari bahaya dan godaan syetan selama perjalanan. 

 

Do’a ini juga sangat cocok untuk diajarkan kepada anak. Ajak mereka melafalkan do’a ini jika akan melakukan perjalanan. Jangan lupa juga berikan pengertian tentang artinya. Berdasarkan artinya, “ aku menyerahkan diriku pada Allah” yang bermakna bahwa kita berserah diri sepenuhnya kepada Allah atas apa saja yang akan terjadi selama kita dalam perjalanan nantinya.

 

Namun “ dan tidak ada kekuatan selain dengan Allah saja” yang bermakna bahwa kita meminta perlindungan kepada Allah agar tidak terjadi apa-apa nantinya. Kita tetap selama selama perjalanan karena perlindungan dari Allah. 

 

Pengamalan doa perjalanan ini pun tidak seharusnya hanya dihafal saja, melainkan juga diiringi dengan kehati-hatian saat melakukan perjalanan. Sesaat setelah keluar dari rumah, kita berdo’a dan terus bersiaga dalam kehati-hatian. Ini adalah wujud permintaan kita kepada Allah agar selamat dalam perjalanan berupa doa dan usaha.